face
  •   
  •  
Allah Dzat Yang Maha Menahan dan Memberi
Icreasefontsize decreasefontsize

Arti Tuhan

Allah.. nama yang manis lafalnya, enak maknanya, berasal dari arti cinta, bergantung, pengesaan, penyembahan dan ikhlas… betapa agungnya nama ini!

Tuhan adalah Tuan yang tidak ada tandingannya, Pembaru perkara makhluknya dengan nikmat yang dianugerahkan kepadanya dan Raja yang memiliki hak cipta dan perintah. Kata Tuhan tidak diberikan kepada makhluk manapun, ia hanya milik Allah semata.

Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa (Q.S. al Hasyr:24)--

Karena pengetahuan manusia tentang kebutuhannya kepada Tuhannya lebih dahulu dari pengetahuannya tentang kebutuhannya kepada Sembahannya serta mendahulukan kebutuhan yang mendesak dari kebutuhan masa depan maka mereka lebih dulu mengakui Ketuhanan Allah sebelum mengakui penghambaan kepada-Nya,

Dialah Allah yang maha Pencipta, Mengadakan dan Membentuk rupa, yang menciptakan seluruh apa yang ada, mengadakan dan menyempurnakannya dengan hikmahnya, membentuknya dengan pujian dan hikmah-Nya, dan Dia senantiasa berada dalam sifat yang agung ini.

dan memohon, meminta tolong dan bergantung kepada-Nya lebih banyak daripada beribadah dan kembali kepada-Nya.

Allah adalah Tuhan yang memelihara seluruh hambanya dengan mengaturnya dan memberinya berbagai macam kenikmatan, dan yang lebih khusus lagi bimbingannya terhadap hamba-hamba pilihan-Nya dengan membuat hati, jiwa dan perilakunya baik, oleh karena itu mereka banyak berdoa kepada-Nya dengan nama yang mulia ini, karena mereka memohon kepada-Nya bimbingan khusus tersebut.

Tuhan dan ketuhanan mengandung arti yang agung, di antaranya: bertindak, memberi rezki, kesehatan, taufik dan bimbingan, Allah Ta"ala berfirman: dan Tuhanku, Yang Dia memberi makan dan minum kepadaku, dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku, dan Yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali) (Q.S. asy Syu"ara:79-81)

   
Subscibe