Pengaruh iman dengan nama-nama dan sifat-sifat Allah bagi seorang hamba
     face
  •   
  •  
Allah Yang Maha Menerima Taubat

Icreasefontsize decreasefontsize

Pengaruh iman dengan nama-nama dan sifat-sifat Allah bagi seorang hamba

1-Beribadah dengan nama-nama dan sifat-sifat Allah, seorang hamba ketika Mengenalinya dan mengimaninya sesuai dengan kehendak Allah ta`ala, dan mengenali maknanya akan dapat meningkatkan keimanannya kepada Allah ta`ala, dan akan muncul pengagungan kepada Allah dalam hati bagi siapa saja yang mengenalinya, oleh karena itu ada ungkapan: “barangsiapa yang mengenali Allah lebih, maka rasa takutnya kepada Allah juga lebih”.

2-Bertambahnya iman Mengenali nama-nama yang baik dan sifat-sifat yang mulia, akan menumbuhkan pengangungan kepada Allah bagi seorang hamba, yang akan menambahkan keimanan dan ketundukan kepada Allah jalla wa `ala dan orang-orang yang mendapat petunjuk, Allah menambah petunjuk kepada mereka. (QS. Muhammad 17)

3-Mengingat Allah Barangsiapa yang mengenali Allah maka dia akan mencintai-Nya, dan siapa saja yang cintanya kepada Allah lebih dia akan menyebut-nyebut-Nya. Karena hatinya telah dipenuhi dengan rasa cinta, sampai-sampai dia tidak akan mencintai kecuali kerana-Nya dan tidak akan membenci kecuali karena-Nya.

4-Mencintai Allah Jalla wa Azza, Allah berfirman yang artinya: (Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah) (QS. Al-Baqarah 165)

Maka ketika seorang hamba mengenali keagungan sifat Allah, jiwanya akan condong kepada Rabbnya, akan bergantung kepada-Nya, jiwa akan gembira dengan Kesempurnaan kemuliaan dan keindahan-Nya dan dengannya seorang hamba akan menikmati firman-firman-Nya, terus berdo`a kepada-nya, berharap dan takut kepada-Nya; karena kecintaan kepada Allah akan mendorongnya untuk hal-hal tersebut, dia akan mencintai apa yang dicintai Allah dan mencintai siapa saja yang dicintai Allah.

5-Merasa malu kepada-Nya Semakin anda mengenali kewibawaan Allah, maka akan semakin bertambah rasa malu mu kepada-Nya. Dia akan menjagamu dari sisi mana saja, anda akan mengingatkan kematian dan menangis, dan akan menjaga anggota badanmu agar diridhoi Allah Jalla wa Azza.

Tidak pantas bagi seseorang berbicara tentang dzat Allah tanpa ilmu, dan tidaklah dia mensifati Allah kecuali dengan sifat yang telah ditetapkan-Nya, dan tidaklah dia berbicara tentang-Nya dengan logikanya Maha Suci Allah Dzat semesta alam.

Imam Abu Hanifah

6-Ketundukan jiwa dan ketenangannya Jika engkau mengenal keagungan Allah maka engkau akan mengetahui Kerendahanmu, jika engkau mengenal kekuatan-Nya maka engkau akan mengetahui kelemahanmu, jika engkau mengenal kekuasaan-Nya maka engkau akan mengetahui kefakiranmu, jika engkau mengetahui kesempurnaan-Nya maka engkau akan mengetahui kekuranganmu, jika engkau mengetahui kesempurnaan sifat-Nya dan bagusnya sifat-Nya maka ketahuilah kesempurnaan kefakiranmu, kebutuhanmu dan kecilnya dirimu, kamu tidak lain hanyalah seorang hamba.

   
Subscibe