face
  •   
  •  


Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Dia lah Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

“Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Baik, Maha Murah, Maha Dermawan, Maha Lembut dan Maha Memberi”: nama-nama ini berdekatan artinya, semuanya menunjukkan pada sifat Pengatur dengan kasih sayang, kebaikan, kedermawanan dan kemurahan. Yang menunjukkan akan luasnya kasih sayang-Nya yang mencakup seluruh benda yang ada, sesuai dengan hikmah yang terkandung, lebih khusus bagi kaum yang beriman mereka mendapatkannya lebih dan sempurna. “dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa&".(QS. Al-`Araf 156). Segala kenikmatan dan kebaikan merupakan buah dari kasih sayang-Nya, kedermawanan-Nya dan kemurahan-Nya, begitu juga semua kebaikan di dunia dan di akhirat adalah buah dari kasih sayang-Nya.

Dia telah menetapkan sifat kasih sayang dalam diri-Nya, kasih sayang-Nya mengalahkan marah-Nya, dan kasih Sayang-Nya mencakup segala sesuatu. Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al-`Araf 56)

Dia lah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Kasih sayang-Nya kepada kita melebihi kasih sayang Ibu-ibu kita; Bersabda Rasulullah: –ketika memberikan isyarat kepada wanita yang sedang menyusui bayi- “Apakah kalian mengira wanita ini akan melemparkan anaknya ke dalam api?, para sahabat menjawab: “tidak, dan dia mampu untuk tidak melemparnya”, beliau bersabda: “Allah lebih memiliki kasih sayang kepada hamba-Nya dari pada wanita ini terhadap anaknya” (HR.Bukhari)

Dia lah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Mengasihi seluruh makhluk, dan Dia memiliki kasih sayang khusus bagi hamba-Nya yang beriman dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. (QS. Al-Ahzab 43)

Dia lah Maha Penyayang

Diantara kasih sayang-Nya Dia mengutus nabi Muhammad shalallahu`alaihi wa sallam sebagai rahmat untuk sekalian alam, pemberi petunjuk kepada umat manusia, dan menjaga untuk segala kemaslahatan agama dan dunia mereka

Dia lah Yang Maha Penyayang

Tidak ada yang dapat menahan kasih sayang-Nya kecuali Dia, dan tidak ada yang dapat melepaskan kasih sayang-Nya kecuali Dia. apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, Maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah Maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Fathir 2)

Dia lah Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Allah Yang Maha Pemberi lagi Maha Murah

Dia lah Allah Yang Maha Pemberi lagi Maha Murah

Wahai dzat Yang Mengkaruniakan kenikmatan.. Wahai Dzat Yang mengkaruniakan rezqi yang banyak.. wahai Dzat Yang mengkaruniakan kebaikan

Karuniakanlah kepada saya keridhaan.. karuniakanlah kepada saya keamanan.. karuniakanlah kepada saya kebahagiaan dan Kasih sayang

Berikanlah kemurahan kepada kami dan muliakanlah, Engkaulah Dzat yang memiliki kemuliaan, kemurahan dan kedermawanan , dan karuniakanlah kepada Kami rahmat dari sisi Engkau; karena Sesungguhnya Engkau-lah Maha pemberi (karunia)&". (QS. Ali Imran: 8) , Sesungguhnya Allah itu dermawan menyenangi kedermawanan dan mencintai kemuliaan akhlak, serta benci segala akhlak tercela (HR.Tirmidzi)

Yang Maha Pemberi Karunia

Dia akan memberikan karunia kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan akan Menahan karunia-Nya dari siapa saja yang dikehendaki-Nya

Yang Maha Pemurah

Pemberian-Nya tidak ada batasnya, dan kemuliaan tidak akan ada yang bisa menolak, berfirman kepada sesuatu: &"Jadilah!&" lalu jadilah ia. (QS. Al-Baqarah: 117)

Yang Maha Pemberi Karunia

Dia memberikan rezqi baik yang bersifat materi ataupun non materi, lalu diberikannya kemurahan dengan segala kemuliaan dan kedermawanan-Nya

Diantaranya apa yang Allah bukakan bagi hamba-Nya dari kemaslahatan, kemanfaatan, ilmu, hidayah, taufiq dan terkabulnya doa; semua ini bagian dari rezqi non materi yang Allah berikan kepada kebanyakan orang.

Yang Maha Pemberi karunia

Dia memberi dan menahan tidak memberi, Dia Menurunkan dan mengangkat, Dia menyambung dan memutus, di tangan-Nya kebaikan dan Dia-lah berkehendak atas segala sesuatu.

Dia lah Allah Yang Maha Pemberi dan pemurah

Allah Maha Luas

Dia lah Allah Dzat Yang Maha Luas

Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 115)

Maha Luas .. Maha Pemurah mencakup semua apa yang diminta

Maha Luas .. Yang Maha sempurna dalam sifat-sifat-Nya.. Maha Agung dalam nama-nama-Nya, tidak terhingga pujian bagi-Nya, Maha Luas keagungan-Nya, kekuasaan-Nya, pengaturan-Nya, kemuliaan-Nya, kemurahan-Nya dan kebaikan-Nya.

Yang Maha Luas .. Ciptaan-Nya mencakup semuanya dengan pemberian, kecukupan, ilmu, naungan, penjagaan dan pengaturan.

Yang Maha Luas .. Dimana pendengaran-Nya mencakup semua suara, dan keragaman bahasa tidak membingungkan-Nya

Yang Maha Luas .. Memberikan kemudahan kepada hamba-Nya dalam beribadah, menjadikan agama mudah, dan memberikan keleluasaan kepada mereka.

Dia lah Allah Yang Maha Luas

Allah Yang Maha Pengasih

Dia lah Allah Yang Maha Pengasih Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih, (QS. Al-Buruj:14)

Allah Maha Pengasih kepada hamba-Nya.. mencintai mereka, dekat dengan mereka, dan diridhoi serta meridhoi mereka Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya (QS. Al-Maidah 54)

Allah memberikan rezqi kepada mereka karena kecintaan-Nya, mereka pun mencintai dan menerima apa yang ada pada mereka

“Maha Pengasih”... Dzat yang mencintai para Nabi, Rasul-Nya dan para pengikut mereka, serta mereka mencintai-Nya, Dia lebih mencintai mereka dari segala sesuatu, hati mereka telah dipenuhi dengan kecintaan kepada-Nya, dan lisan mereka dibahasi untuk senantiasa memuji-Nya, dan hati mereka condong kepada-Nya dengan penuh kasih, keikhlasan dan kembali dengan sepenuh hati kepada-Nya dari semua sisi

Yang Maha Pengasih .. Maha Dekat Maha Pengasih mencintai kebaikan bagi hamba-Nya

Yang Maha Pengasih .. Mencintai hamba-Nya dan mereka rindu untuk bertemu dengan-Nya, dalam sebuah hadis: “Barang siapa senang untuk bertemu dengan Allah, maka Allah juga senang untuk bertemu dengannya” (HR.Bukhari)

Yang Maha Pengasih .. Dia menyuruhmu untuk mensucikan hatimu, dan membersihkan dari segala penyakit dan kebencian, mencuci buruknya kebencian dengan kecintaan dan kasih sayang, serta memadamkan api kedengkian dengan es cinta dan kasih sayang.

Dia lah Allah Dzat Yang Maha Pengasih

Allah yang Maha Hidup dan Maha Mengurus makhluk-Nya

Dia lah Allah yang Maha Hidup dan Maha Mengurus makhluk-Nya Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. (QS. Ali Imran:2)

Dia lah Allah Dzat Yang Mengurus Makhluk-Nya Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. (Qs. Ali Imran:2)

Yang Maha Hidup .. Kehidupan yang sempurna, tidak butuh dengan lain-Nya, dan selain-Nya membutuhkan-Nya.. semua akan hancur kecuali Dia

Yang Maha Mengurus Makhluk-Nya .. Mengurus dengan sendiri, yang tidak membutuhkan bantuan selain-Nya

Yang Maha Hidup lagi Maha Mengurus Makhluk-Nya Kehidupan yang sempurna dan mengurus sendiri, mengurus untuk penduduk langit dan bumi, mengurus dengan mengatur rezqi mereka dan segala urusan mereka Yang Maha hidup .. Terkumpul di dalamnya semua sifat Dzat, dan Yang Maha Mengurusi; yang terkumpul di dalamnya semua sifat

Yang Maha Mengurus Makhluk-Nya .. Mengurus setiap jiwa apa yang ia usahakan, menjaga perbuatan – perbuatan mereka, keadaan-keadaan mereka, perkataan-perkataan mereka, kebaikan-kebaikan mereka, keburukan-keburukan mereka, yang akan dibalas-Nya pada hari akhir.

Yang Maha Mengurus Makhluk-Nya .. Dzat Yang menghitung setiap perbuatan yang dilakukan oleh hamba

Yang Maha Mengurus Makhluk-Nya .. Dzat Yang menjamin kehidupan setiap makhluk-Nya, rezqi mereka, dan mengatur segala urusan mereka

Yang Maha Hidup lagi Maha Mengurus Makhluk-Nya .. Yang Maha Kekal tidak akan pernah punah Maha Suci Allah

Dia lah Allah Yang Maha Hidup lagi Maha Mengurus Makhluk-Nya

Allah Yang Maha Kuasa

Dia lah Allah Yang Maha Kuasa .. Dialah Allah yang tiada sembahan yang berhak disembah selain Dia, Raja, yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (QS. Al-Hasyr:23)

Yang Maha Kuasa .. Yang Maha Kuasa bagi yang hancur hatinya, Maha Penolong bagi yang menjadi tawanan, Maha Kaya bagi yang miskin, Pemberi kebaikan bagi mereka yang tertimpa musibah, Pengampun bagi mereka yang berdosa, Penyelamat bagi yang tertimpa adzab, serta Pemberi kebaikan bagi hati-hati orang yang dicintai dan orang-orang yang khusyu`

“Yang Maha Kuasa” bisa bermakna Yang Maha Tinggi, bermakna Yang Paling Berkuasa, bermakna Yang Maha Lemah Lembut: Yang memberikan bantuan kepada hati yang hancur, kepada yang lemah, serta kepada yang datang dan kembali kepada-Nya.

Yang Maha Kuasa .. Dzat Yang sempurna ketinggian-Nya, dan keagungan nikmat-Nya mencakup segala sesuatu

Yang Maha Kuasa .. Dzat Yang tunduk kepada-Nya segala sesuatu, dan merendahkan kepada-Nya segala sesuatu, dan tidak ada yang menyibukkan-Nya dari hal ke hal lainnya.

Yang Maha Kuasa .. Dzat Yang memiliki kekuasaan, pemilik kerajaan, keagungan dan kemuliaan

Yang Maha Kuasa .. Yang tunduk kepada-Nya para penguasa, luluh di hadapan-Nya segala keagungan, hina di hadapan-Nya para Raja dan pembesar, dan tak berdaya di hadapan-Nya orang-orang keji nan angkuh.

Dia lah Allah Yang Maha Kuasa

Allah Yang Maha Indah

Dia lah Allah Yang Maha Indah

Ya Allah kami memohon kenikmatan melihat wajah-Mu yang Mulia dan kerinduan untuk berjumpa dengan-Mu

Yang Maha Indah .. Dia memiliki nama-nama yang sangat indah dan sifat-sifat yang sangat sempurna

Yang Maha Indah .. Keindahan nama dan sifat yang sempurna, serta keindahan yang sangat sempurna telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran) sebagai kalimat yang benar dan adil. (QS. Al-An`am:115)

Dzat Yang paling baik setiap ciptaan-Nya.

Yang Maha Indah .. Indahnya alam semesta menunjukkan keindahan-Nya dan kemuliaan-Nya, Indah-Nya tidak dapat digapai oleh akal, dan sifat-Nya tidak dapat disampaikan oleh pemahaman. Bersabda Rasulullah shalallahu`alaihi wa sallam yang artinya: “Saya tidak dapat menghitung pujian kepada Engkau, seperti Engkau memuji diri-Mu” (HR. Muslim)

Yang Maha Indah .. Allah mengaruniakan keindahan ciptaan dan keindahan akhlak, serta keindahan prasangka Wahai Dzat Yang Maha Indah yang mencintai keindahan, indahkanlah hati kami dengan iman, karuniakanlah akhlak kami dengan keindahan, hati kami dengan keindahan, serta dhohir kami dengan keindahan

Dia lah Allah Yang Maha Indah

Allah Yang Maha Mengetahui, Maha Memberi Kabar dan Dzat Yang meliputi segala sesuatu

Dia lah Allah Yang Maha Mengetahui, Maha Memberi Kabar dan Dzat Yang meliputi segala sesuatu

Yang Maha Mengetahui, Maha Memberi Kabar dan Dzat Yang meliputi segala sesuatu .. Dzat yang ilmu-Nya mencakup yang dhohir maupun yang batin, yang tersembunyi maupun yang nampak, meliputi Hal-hal pasti, hal-hal yang mustahil, hal-hal belum pasti, Yang Maha Mengetahui semua yang di atas maupun yang di bawah, yang lalu, saat ini maupun yang akan datang, tidak ada sedikitpun yang tersembunyi dari-Nya.

Yang Maha Mengetahui dan Maha Mengenal .. Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana Dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Luqman:34)

Allah Maha Mengetahui dan Maha Meliputi segala sesuatau .. Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan yang kamu nyatakan. dan Allah Maha mengetahui segala isi hati. (QS. At-Taghabun:4)

Dia mengetahui segala sesuatu Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. perintah Allah Berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan Sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu. (QS. Ath-Thalaq:12)

Allah berfirman yang artinya: dan Sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu (QS. Ath-Thalaq 12)

Yang Maha Mengetahui, Maha Memberi Kabar dan Dzat Yang meliputi segala sesuatu

Allah Yang Maha Dekat

Dia lah Allah Yang Maha Dekat

Wahai Dzat Yang Maha Dekat dari orang-orang yang berdoa kepada-Nya, wahai Dzat Yang Maha Dekat dari orang-orang yang berharap kepada-Nya

Wahai Dzat Yang Dekat dari orang-orang yang meminta kepada-Nya.. Wahai Dzat Yang sangat dekat dengan kami dari urat leher

Karunikan lah kepada kami kebahagiaan bersama-Mu dan bersama firman-Mu wahai Dzat Yang Maha Dekat. dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. (QS. Al-Baqarah:186)

Yang Maha Dekat .. Dekat dalam ketinggian-Nya dengan ilmu dan pengawasan-Nya

Yang Maha Dekat .. Bagi dia yang berdoa kepada-Nya, Dia akan memberi, mengasihi, mengangkat, membuka dan mengabulkan dalam keadaan terjepit.

Yang Maha Dekat .. Bagi yang bertaubat kepada-Nya dan bergantung kepada-Nya, Dia akan mengampuni dosa dan menerima taubat

Yang Maha Dekat .. Akan menerima apa yang diberikan seorang hamba sebagai bentuk kedekatan kepada-Nya, dan Dia akan mendekati hamba-Nya sesaui dengan kedekatan hamba kepada-Nya

Yang Maha Dekat .. Yang mengawasi segala gerak gerik hamba-Nya, Dia dekat dengan mereka melalui ilmu dan pengawasannya, serta tidak ada sedikitpun yang tersembunyi dari-Nya

Yang Maha Dekat .. Dekat dengan kelembutan-Nya, penjagaan-Nya, pertolongan-Nya dan bantuan-Nya, kedekatan ini khusus bagi para wali-Nya

“Yang Maha Dekat”... dekat dari semua orang denga ilmu-Nya, pengetahuan-Nya, pengawasan-Nya, persaksian-Nya dan cakupan-Nya

Yang Maha Dekat .. Akan Kembali kepada-Nya seluruh urusan hamba-Nya dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada kamu. (QS. Al-Waqi`ah:85)

Yang Maha Dekat .. Jiwa menjadi jinak ketika dekat dengan-Nya dan menjadi gembira dengan menyebut-Nya

Dia lah Allah Yang Maha Dekat

Allah Yang Maha Mengabulkan

Dia lah Allah Yang Maha Mengabulkan Sesungguhnya Tuhanku Amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya).&" (QS. Huud:61)

Yang Maha Mengabulkan .. Dia akan mengabulkan hamba-Nya jika mereka bertawasul, berdoa dan meminta kepada-Nya sesuai yang disyari`atkan bagi mereka, Dia lah yang memerintahkan mereka untuk berdoa, dan menjajikan diterimanya doa mereka

“Yang Maha Mengabulkan”... Dia akan mengabulkan orang-orang yang berdoa apapun kondisi mereka, dimanapun mereka berada, dan dalam keadaan apapun mereka

Yang Maha Mengabulkan .. Seorang tawanan yang di penjara akan bergantung kepada-Nya, begitu juga orang yang tenggelam di laut, orang miskin dalam kemiskinannya, orang yatim dalam keyatimannya, orang sakit dalam kesakitannya, orang yang Mandul dalam kemandulannya, maka Dia akan memberi, mengabulkan, mengaruniai dan memberikan kesembuhan.

Yang Maha Mengabulkan .. Dia akan mengabulkan permintaan orang yang sedang terjepit atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan (QS. An-Naml:62)

Dan lebih dekat dikabulkan jika doa dan tawasulnya menggunakan nama-nama dan sifat-sifat-Nya, berapa banyak orang yang berdoa kepada-Nya saat di penjara lalu Dia bebaskan, orang yang bertawasul kepada-Nya saat di lautan lalu Dia selamatkan, meminta rezqi kepada-Nya dalam kemiskinannya lalu Dia kayakan dan diberikan keamanan, dan berapa banyak anak yatim yang berdoa kepada-Nya lalu Dia menanggungnya dan menjadikan dia tumbuh dewasa, dan berapa banyak orang sakit yang berharap kepada-Nya lalu Dia sembuhkan dan ditetapkan baginya keselamatan, dan berapa banyak wanita mandul tunduk bermunajat kepada-Nya lalu Dia karuniakan seorang anak dan dia muliakan anak itu.

Dia lah Allah Yang Maha Mengabulkan

Allah Dzat Yang Maha Pemberi Cahaya

Dia lah Allah Dzat Yang Maha Pemberi Cahaya Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. (QS. An-Nur:35)

Dzat Pemberi Cahaya .. Dzat yang memberikan cahaya kepada hati orang-orang bijak untuk mengenal-Nya dan beriman kepada-Nya, serta menerangi hati-hati mereka dengan petunjuk-Nya

Dzat Pemberi Cahaya .. Dia menghilangkan kegelapan dengan cahaya-Nya, menerangi langit dan bumi, dan menerangi jalan orang-orang yang berjalan menuju kepada-Nya serta menerangi hati-hati mereka

Allah Dzat Pemberi Cahaya dan tabir-Nya Pemberi cahaya, jikalau Dia membukanya akan terpancar cahaya wajah-Nya yang menjadikan hamba-Nya tidak akan berhenti dalam memandang-Nya.

Dia lah Allah Dzat Yang Maha Pemberi Cahaya

Allah Yang Maha Bijak

Dia lah Allah Yang Maha Bijak Bukankah Allah hakim yang seadil-adilnya? (QS. At-Tiin:8)

Yang Maha Bijak .. Dzat Yang menghakimi sesuatu dengan penuh profesionalitas, dan meletakkannya pada tempatnya yang sesuai dengan ketetapan-Nya

Yang Maha Bijak, Dia yang memiliki kebijakan tinggi dalam penciptaan dan urusan-Nya, Dia tidak menciptakan untuk sesuatu yang sia-sia, dan tidak mensyariatkan sesuatu tanpa tujuan, Dia lah Dzat yang baginya semua hukum baik di dunia maupun di akhirat

Yang Maha Bijak .. Menetapkan syariat untuk sebuah hikmah, memberikan aturan untuk sebuah hikmah, maka syari`at-Nya mengandung hikmah yang cukup luas dalam tujuannya, kerahasiaannya dan pada masa akhirnya bagi kehidupan dunia dan akhirat

Yang Maha Bijak .. Maha Bijak dengan apa yang ditetapkan-Nya, Maha Bijak dalam ketetapan-Nya kepada orang miskin atas kemiskinannya, atau kepada manusia atas sakit dan kelemahannya, atau kepada orang yang berhutang atas sempitnya rezeqi dan sedikitnya pekerjaan. Tidak ada yang salah dalam pengaturan-Nya, tidak ada yang luput dalam firman dan perbuatan-Nya, bagi-Nya kebijakan yang sempurna

Yang Maha Bijak .. Dzat yang memberikan ilham kepada hamba-Nya dengan penuh kebijakan, pengetahuan, ketentraman, kenyamanan, dan meletakkan segala urusan sesuai dengan tempatnya yang benar.

Allah Dzat yang Maha Bijak dalam hukum-Nya, tiada sesuatu apapun yang terjadi di alam ini kecuali dengan ijin-Nya, Dia yang berhak menetapkan halal dan haram, menetapkan hukum syariat, dan agama menyuruh dan melarang. Tidak ada yang pincang dalam hukum-Nya dan tidak ada yang dapat menolak takdir dan ketetapan-Nya.

Yang Maha Bijak .. Dia tidak mendholimi siapapun, adil dalam setiap perintah, larangan dan berita-Nya

Dia lah Allah Dzat Yang Bijaksana

Allah Yang Maha Kuasa

Dia alah Allah Yang Maha Kuasa Dia, Raja, yang Maha Suci (QS. Al-Hasyr:23)

Yang Maha Kuasa .. Yang memiliki keagungan dan kehormatan mengatur segala urusan hamba-Nya, mereka semua hamba-Nya dan butuh kepada-Nya, dan Dia adalah Raja dan Penguasa mereka.

“Yang Maha Kuasa” yang memiliki kekuasaan, Dia memiliki sifat Raja, yaitu sifat keagungan, keangkuhan, kehormatan dan pengaturan, milik-Nya segala pengaturan dalam penciptaan, semua uruasan dan balasan pahala,serta milik-Nya seluruh alam semesta baik yang di atas maupun yang di bawah, semuanya adalah hamba, budak dan butuh kepada-Nya

Dia memiliki kekuasaan yang sempurna, dan tidak ada raja atau pemimpin kecuali dia budak-Nya, dan tidaklah di langit dan di bumi dari sebuah kebaikan kecuali itu atas pemberian dan karunia-Nya. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. (QS. Al-Baqarah:255)

Yang Maha Kuasa .. Dia memberi tanpa perhitungan, loyal dengan pemberian kepada hamba-Nya, dan tidak berkurang dari kekuasannya sedikitpun, tidak ada yang menyibukkan-Nya dari satu urusan ke urusan lainnya, dalam hadis qudsi yang shahih, yang artinya: “kalau seandainya yang pertama dari kalian, yang terakhir, semua manusia, jin berdiri di satu lembah, lalu mereka meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri setiap permintaanya, dan itu tidak akan mengurangi sedikitpun apa yang Aku punya, kecuali ibarat berkurangnya jarum yang dicelupkan ke dalam samudra. (HR.Muslim)

Yang Maha Kuasa .. Dia memberikan kekuasan-Nya kepada yang dikehendaki-Nya, Allah berfirman yang artinya: Katakanlah: &"Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Ali Imran:26)

Yang Maha Kuasa .. Yang menguasai hamba-Nya, yang mengatur meraka di dunia dan akhirat, mereka berharap kepada-Nya, tunduk kepada-Nya, bertambah keinginan mereka dari apa yang ada di sisi-Nya dengan permintaan, doa, harapan dan seruan.

Dia lah Allah Yang Maha Kuasa

Allah Yang Maha Suci

Dia lah Allah Yang Maha suci

Dia Suci dalam ketinggian-Nya, mulia dalam pujian-Nya, dan sempurna kenikmatan-Nya Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera (QS. Al-Hasyr:23)

Dia bersih dari aib, Maha Suci, Rabb-nya para malaikat dan malaikat Jibril, Maha Suci Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Suci

Dia lah Allah Yang Maha Suci .. Yang Maha Suci lagi Maha bersih dari segala aib dan kekurangan, dan dari sifat yang tidak sesuai dengan-Nya.

Dialah Yang Maha Suci .. Yang disifati dengan sifat sempurna, indah dan mulia, yang bersih dari kurang dan aib, tidak ada yang serupa dengan-Nya, dan tidak ada yang sepadan dengan-Nya, yang tidak ada kesempurnaan di atas kesempurnaan, dan tidak ada satupun yang sampai pada derajat nama dan sifat-Nya

Yang Maha Suci, Maha Sejahtera, Yang Maha agung yang bersih dari semua sifat kurang, dan tidak ada satu pun dari makhluk yang dapat menyerupai-Nya. Dia lah yang bersih dari segala macam aib, dan bersih dari penyerupaan siapapun dari kesempurnaan

Dia lah Yang Maha Suci .. Dzat dimana hati mensucikan-Nya, dan bergantung kepada-Nya segala besitannya, Dzat dimana lisan mensucikan-Nya, maka dia senantiasa bertasbih untuk-Nya disetiap waktunya

Dia lah Yang Maha Suci .. Dzat Yang memiliki keberkahan dan pemberian, kemuliaan dan pujian, dari-Nya datang keberkahan dan akan kembali kepada-Nya, yaitu keberkahan yang akan memberkahi hamba-Nya, dan akan memberkahi mereka dengan apa yang Dia kehendaki dari pemberian dan tambahan

Dia lah Allah Yang Maha Suci

Allah Yang Maha Sejahtera

Dia lah Allah Yang Maha Sejahtera

Allah Yang Maha Selamat dan dari-Nya keselamatan, tidak akan selamat seorang hamba kecuali dengan keselamatan dari-Nya, dan tidak akan sempurna keberhasilannya kecuali dengan taufik dari-Nya Yang Maha Suci

Dialah Yang Maha Pemberi selamat .. Yang selamat dari segala kekurangan dan aib, Yang menyelamatkan selainnya dari mara bahaya dan keburukan

Dia lah Yang Maha Pemberi Selamat .. Sifat-Nya selamat dari penyerupaan dan persamaan kepada makhluk, selamat dari segala macam kekurangan, ilmu-Nya sempurna dan memberi selamat, keadilan-Nya mencakup segala sesuatu dan memberi selamat, kekuasaan-Nya sempurna lagi memberi selamat, hukum-Nya memberikan keselamatan, ketetapan-Nya memberikan keselamatan, ciptaan-Nya memberikan keselamatan, Dia lah Yang Maha Memberi Selamat dan dari-Nya keselamatan Dzat Yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia.

Allah menjadikan bagi hamba-Nya keselamatan di dunia dan akhirat &"Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim&". (QS. Ash-Shaffat:109) &"Kesejahteraan dilimpahkan atas Musa dan Harun&". (QS. Ash-Shaffat:120) dan Kesejahteraan dilimpahkan atas Para rasul. (QS. Ash-Shaffat:181)

Adapun di akhirat, Allah berfirman yang artinya: (Dikatakan kepada mereka): &"Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera lagi aman&" (QS. Al-Hijr:46)

Yang Maha Sejahtera .. Keselamatan yang sempurna yang tidak ada rasa takut setelahnya, dan ampunan yang tidak ada kekhawatiran setelahnya

Dia Yang Maha Penyelamat dan dari-Nya keselamatan.

Dia lah Allah Yang Maha Pemberi selamat dan kesejahteraan.

Allah Yang Maha Benar

Dia lah Allah Yang Maha Benar yang demikian itu, karena Sesungguhnya Allah, Dialah yang haq (QS. Al-Hajj:6)

Allah Yang Maha Benar .. Dalam Dzat-Nya dan sifat-Nya, Dia-lah yang sempurna sifat-Nya, adanya sifat tersebut bagian dari kebutuhan Dzat-Nya, dan sesuatu itu tidak ada kecuali dengan sifat tersebut, Dia masih dan senantiasa dalam sifat mulia, indah dan sempurna, begitu juga masih dan senantiasa terkenal dengan kebaikan

Allah Yang Maha Benar .. Firman-Nya benar, perbuatan-Nya benar, pertemuan dengan-Nya adalah benar, semua rasul-Nya benar, kitab-kitab-Nya benar, agama-Nya benar, beribadah hanya semata-mata kepada-Nya adalah benar, dan segala sesuatu bersandar kepada-Nya itu juga benar (Kuasa Allah) yang demikian itu, adalah karena Sesungguhnya Allah, Dialah (tuhan) yang haq dan Sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah, Itulah yang batil, dan Sesungguhnya Allah, Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha besar. (QS. Al-Hajj:62)

Dia lah Allah Yang Maha Benar

Allah Yang Mengaruniakan Keamanan Yang Maha Memelihara

Dia lah Allah Yang Mengaruniakan Keamanan Yang Maha Memelihara Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara (QS. Al-Hasyr:23)

Yang Maha Mengarunikan Keamanan .. Dzat yang menyebarkan keamanan diantara hamba-Nya, aman diantara hamba-Nya dan ketenangan dengan wahyu-Nya dan mengamankan mereka dari ketakutan. (QS. Quraisy:4)

Yang Maha Memberi Keamanan Dzat yang memuji diri-Nya dengan sifat yang sempurna, dan dengan kesempurnaan kemuliaan dan keindahan, Dzat yang mengutus rasul-rasul-Nya dan menurunkan kitab-kitab-Nya dengan ayat-ayat dan bukti-bukti, dan kebenaran rasul-rasul-Nya dengan segala ayat dan bukti menunjukkan pada kejujuran mereka dan kebenaran dari apa yang mereka bawa

Yang Maha Mengarunikan Keamanan .. Yang Mengaruniakan Keamanan Yang Maha Memelihara, Yang Menyaksikan hamba-Nya apa yang terjadi pada mereka

Yang Maha mengaruniai keamanan .. Tidak berkurang pahalanya, tidak bertambah adzabnya, Dia yang lebih utama dengan segala kemuliaan, dan kebaikan

Yang Maha Memelihara Yang mengawasi urusan-urusan yang tersembunyi dan apa-apa yang terbesit dalam dada, Dzat Yang ilmu-Nya mencakup segala sesuatu.

Yang Maha Memelihara .. Yang Memelihara hamba-Nya, menaungi dan menguasai mereka, menjaga dan mengawasi aktivitas dan keadaan mereka, Dia meliputi mereka, semua urusan bagi-Nya sangatlah mudah, dan segala sesuatu membutuhkan-Nya tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha mendengar dan melihat. (QS. S-Syura:11)

Dia lah Allah Yang Maha Memberi keamanan dan Maha Memelihara

Allah Yang Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun

Dia lah Allah Yang Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pema&"af lagi Maha Pengampun. (QS. Al-Hajj:60)

Allah Yang Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun .. Dzat Yang masih dan terus terkenal dengan pemberian maaf, dan disifati dengan pemberi ampunan kepada hamba-Nya, setiap orang membutuhkan maaf fan ampunan-Nya, sebagaimana dia butuh kepada rahmat dan kemurahan-Nya

Wahai Dzat yang memberikan janji ampunan dan maaf, bagi mereka yang datang dengan membawa cara, Allah berfirman yang artinya: dan Sesungguhnya aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar. (QS. Thaaha:82)

Maka kami memohon kepada-Mu Wahai Dzat Yang Maha Pengampun agar Engkau memberikan kepada kami taubat sebenar-benar taubat agar kami terbebas dari dosa-dosa kami dan kami pun bisa meninggalkannya, kami menyesali atas kesalahan dan maksiat kami, lalu kami bertekad untuk taat kepada-Mu dan meninggalkan bermaksiat kepada-Mu, ampunilah kami wahai Dzat Yang Maha Pengampun

Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha pemaaf dan mencintai maaf, maka maafkan lah kami.. Ya Allah sesungguhnya Engkau mengabarkan kepada kami bahwa Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Kabarkanlah kepada hamba-hamba-Ku, bahwa Sesungguhnya Aku-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, (QS. Al-Hijr:49)

Rahmatilah kami dan ampunilah kami wahai Dzat Yang Maha Pengampun

Dia lah Allah Yang Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun

Allah Yang Maha Menerima Taubat

Dia lah Allah Yang Maha Menerima Taubat .. Sesungguhnya Allah-lah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS. At-Taubah:118)

Yang Maha Menerima Taubat .. Dzat Yang mensyariatkan taubat bagi hamba-Nya, dan taubat itu dari-Nya sebagai bentuk kemuliaan, karunia dan kemurahan, bahkan Dia berjanji kepada mereka lebih dari itu, yaitu menjadikan keburukan menjadi kebaikan

Yang Maha Menerima Taubat Dzat Yang Senantiasa menerima taubat orang-orang yang bertaubat, mengampuni dosa-dosa orang-orang yang memohon ampun, setiap orang yang bertaubat kepada Allah dengan benar-benar bertaubat, Allah akan menerima taubatnya, Dia lah Yang Maha Menerima taubat bagi yang bertaubat yaitu dengan memberikan taufik kepada mereka untuk bertaubat dan hati mereka menerima-Nya, Dia Yang Menerima Taubat mereka setelah mereka bertaubat dengan penuh penerimaan dan maaf atas kesalahan-kesalahan mereka

Yang Maha Menerima Taubat .. Dzat Yang menetapkan bagi hamba-Nya untuk memberikan taubat kepada mereka, dan menentukan mereka tanggungjawab

Yang Maha Menerima Taubat .. Yang memberhentikan hamba-Nya untuk bertaubat, menjadikan mereka cinta kepadanya, dan saling mencintai diantara mereka dengannya

Yang Maha Menerima Taubat .. Dzat Yang menerima taubat dari hamba-Nya, memberikan pahala atasnya, dan mengangkat derajat serta menghapus dosa-dosa, Maha Tinggi Allah dengan segala urusan-Nya

Dia lah AllahYang Maha Menerima Taubat

Allah Yang Maha Tunggal dan Esa

Dia lah Allah Yang Maha Tunggal dan Esa

Wahai Dzat Yang Memiliki Keesaan dalam jiwa, keesaan dalam nama dan sifat

Kami memohon kepada-Mu keikhlasan, kecintaan dan harapan.. Wahai Dzat Yang Maha Esa dan Tempat Bergantung

Yang Maha Esa .. Esa dalam dzat-Nya, nama-Nya dan sifat-Nya, tidak ada yang sepadan, serupa, semisal dan bisa menandingi Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)? (QS.Maryam 65)

Yang Maha Tunggal lagi Maha Esa Dzat yang memiliki seluruh kesempurnaan, dimana tidak ada yang bersama-Nya seorang pun, dan mewajibkan kepada hamba-Nya untuk mentauhidkan-Nya dengan akal, perkataan dan perbuatan, agar mereka mengenal kesempurnaannya yang mutlak dan mengeesakan-Nya, serta semata-mata mereka beribadah hanya kepada-Nya

Yang Maha Esa .. Yang Maha Esa dalam Uluhiyah-Nya yang berhak untuk diibadahi, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali hanya Allah, dan tidak ibadah yang dilakukan baik itu sedikit atau banyak kecuali hanya untuk-Nya

Yang Maha Esa .. Yang Esa Yang Dituju, Rabb yang disembah, bersaksi atas-Nya ikatan-ikatan hati, dan pandangan-pandangan bergantung dengan alam ghaib

Yang Maha Tunggal lagi Maha Esa .. Allah memberikan naluri kepada hamba-Nya untuk mengesakan-Nya yang tidak ada sekutu bagi-Nya, siapa yang menghadapkan wajah kepada selain-Nya maka tidak akan beruntung, siapa yang beribadah kepada selain-Nya maka tidak akan bahagia, dan siapa yang menyekutukan-Nya dengan yang lain-Nya maka tidak akan berhasil

Dia lah Allah Yang Maha tunggal lagi Maha Esa

Allah Tempat Bergantung

Dia lah Allah Tempat Bergantung Katakanlah: &"Dia-lah Allah, yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (QS. Al-Ikhlas:1-2)

Yang Bergantung Kepada-Nya segala sesuatu .. Yang sempurna dalam nama dan sifat-Nya, yang tidak ada dari-Nya kekurangan

Yang Bergantung Kepada-Nya segala sesuatu .. Yang Maha Kaya, yang setiap orang butuh kepada-Nya sedang Dia tidak butuh kepada siapapun Dia memberi Makan dan tidak diberi makan (Qs. Al-An`am:14)

Yang Bergantung Kepada-Nya segala sesuatu Dzat yang semua makhluk tertuju kepada-Nya dalam setiap kebutuhannya, keterdesakannya, dan keadaannya, karena Dia memiliki kesempurnaan yang mutlak dalam dzat-Nya, nama-Nya, sifat-Nya dan perbuatan-Nya

Yang Bergantung Kepada-Nya segala sesuatu .. Rabb Yang Mengatur, Penguasa yang Menyuruh

Yang Bergantung Kepada-Nya segala sesuatu .. Hati menghadap kepada-Nya dalam kebutuhannya, Maka Dia memberinya dan tidak melarangnya, meminta kepada-Nya dalam kebutuhannya, maka Dia mengeluarkan dia dari kesulitannya dan mengabulkan doanya, berdoa kepada-Nya orang-orang yang sudah putus dengan-Nya, lalu Dia menyambung kembali dengan mereka, orang-orang yang takut berharap kepada-Nya lalu Dia memberikan keamanan kepada mereka, orang-orang yang bertauhid berharap kepada-Nya lalu Dia mengabulkan harapan itu, orang-orang yang tertimpa musibah berdoa kepada-Nya lalu Dia selamatkan mereka, para hamba-Nya tunduk kepada-Nya lalu Dia angkat derajat mereka Maha Suci Allah

Dia lah Allah Yang Bergantung Kepada-Nya segala sesuatu

Allah Yang Maha Perkasa

Dia lah Allah Yang Maha Perkasa dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Anfal:67)

Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuat lagi Maha Mengalahkan .. Dzat yang tidak mempengaruhi-Nya kekuatan setiap yang kuat, dan tidak melemahkan-Nya kemempuan setiap yang mampu, Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Mengabarkan

Yang Maha Perkasa .. Keperkasaan-Nya begitu sempurna, tunduk dan patuh kepada-Nya siapapun selain-Nya, dan menjadi lemah di hadapan-Nya siapapun yang merasa kuat, siapapun selain-Nya rendah, dan semua makhluk di hadapan-Nya hina.

Yang Maha Perkasa .. Dia memberikan keperkasaan kepada yang dikendaki-Nya, dan mencabutnya dari yang dikehendaki-Nya, dan merendahkan siap saja yang dikehendaki-Nya, di tangan-Nya segala kebaikan, Allah berfirman yang artinya: Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah. (QS. Yunus:65)

Yang Maha Perkasa Dzat yang memiliki semua keperkasaan, perkasa dalam kekuatan, perkasa dalam mengalahkan, dan perkasa dalam menahan, Dia menahan untuk tidak diterima satupun dari makhluk, menguasai semua yang ada, semua ciptaan merendah di hadapan-Nya, dan tunduk dengan keagungan-Nya

Tidak ada keperkasaan dengan keturunan atau jabatan atau harta atau sebab kecuali dengan dan dari-Nya

Yang Maha Perkasa .. Tidak ada yang perkasa kecuali dengan keperkasaan-Nya, tidak ada yang kuat kecuali dengan karunia-Nya, barangsiapa ingin berpegang teguh hendaknya dia berpegang teguh kepada Allah, barangsiapa ingin keperkasaan hendaknya dia mengahadap dengan hatinya kepada Allah Padahal kekuatan itu hanyalah bagi Allah, bagi Rasul-Nya dan bagi orang-orang mukmin, (QS. Al-Munafiqun:8)

Dia lah Allah yang Maha Perkasa

Allah Yang Maha Berkuasa

Dia lah Allah Yang Maha Berkuasa

Menguasai jin dan manusia dari atas mereka dan Dialah yang berkuasa atas sekalian hamba-hamba-Nya. dan Dialah yang Maha Bijaksana lagi Maha mengetahui (QS. Al-An`am:18)

Allah Yang Maha Berkuasa .. Berkuasa atas makhluk-Nya dengan ketinggian-Nya, ilmu-Nya, liputan-Nya dan pengaturan-Nya bagi mereka, ilmu_nya bersama mereka dan ketinggian-Nya di atas mereka, tidak ada sesuatupun di alam ini luas kecuali atas ijin-Nya dan ilmu-Nya.

Allah Yang Maha Berkuasa Allah Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu, Dzat yang semua makhluk tunduk kepada-Nya, dan mereka hina karena keperkasaan-Nya, kekuatan-Nya dan kesempurnaan ketetapan-Nya

Allah Yang Maha Berkuasa .. Berkuasa kepada orang-orang yang ingkar lagi sombong dengan argumentasi yang kuat, dan menjelaskannya dengan bukti-bukti akan hak-Nya diesaan dalam uluhiyah, rububiyah, nama-Nya yang baik dan sifat-Nya yang mulia

Allah Yang Maha Berkuasa .. Berkuasa atas kedzaliman, penguasa yang semena-mena dan orang-orang yang sombong, Dia mengumpulkan mereka-mereka yang berkuasa tanpa keinginan mereka dan meraka semuanya (di padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa. (QS. Ibrahim:48)

Allah Yang Maha Berkuasa .. Kehendak-Nya akan terlaksana tidak ada satupun dari makhluk-Nya yang dapat menolak walaupun dia orang besar, hasil ciptaan-Nya akan melemahkan orang-orang kuat walaupun mereka sangat kuat, mulut-mulut itu terkunci ketika mensifati indahnya ciptaan-Nya sebagus dan seindah apapun buatan mereka

Dia lah Allah Yang Maha Berkuasa

Allah Yang Maha Memberi Rezqi

Dia lah Allah Yang Maha Memberi Rezqi Sesungguhnya Allah Dialah Maha pemberi rezki yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh. (QS. Adz-Dzariyat:58)

Dia lah Allah Yang Maha Memberi Rezqi .. Dzat yang di tangan-Nya seluruh rezqi hamba dan makanan mereka, Dia lah Allah yang membagikan rezqi bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya, Dzat yang di tangan-Nya pengaturan segala urusan langit dan bumi dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. (QS.Huud:6) penyimpanan ialah akhirat. dan menurut sebagian ahli tafsir yang lain maksud tempat berdiam ialah tulang sulbi dan tempat penyimpanan ialah rahim.

Allah berfirman yang artinya: dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezkinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha mendengar lagi Maha mengetahui. (QS. Al-Ankabut:60)

Allah berfirman yang artinya: Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; Sesungguhnya Dia Maha mengetahui lagi Maha melihat akan hamba-hamba-Nya. (QS. Al-Isra`:30)

Allah berfirman yang artinya: dan Allah memberi rezki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas. (QS. Al-Baqarah:212)

Yang Maha Memberi Rezqi .. Semua manusia itu miskin dan membutuhkan rezqi-Nya, maka Dia memberikan rezqi kepada semua manusia, orang baik diantara mereka maupun orang buruk, dari manusia pertama sampai manusia terakhir

Yang Maha Memberi Rezqi .. Dia memberikan rezqi kepada orang yang datang kepada-Nya dengan hati yang shalih, dan keshalihan hati merupakan kesempurnaan rezqi dan pemberian, dan Dia memenuhi orang yang meminta kepada-Nya dengan ilmu dan iman, dan mengaruniakan rezqi yang halal yang dapat menolongnya meraih baiknya hati, dan agama bagi mereka yang memintanya

Dia lah Allah Yang Maha Pemberi Rezqi

Allah Yang Maha Lembut

Dia lah Allah Yang Maha lembut Sesungguhnya Tuhanku Maha lembut terhadap apa yang Dia kehendaki. (QS. Yusuf:100)

Yang Maha Lembut .. Dzat yang mengatur makhluk dalam penciptaan dengan penuh kelemah lembutan dan kasih sayang

Yang Maha Lembut Dzat Yang ilmu-Nya meliputi segala hal yang tersembunyi, Dia mengetahui segala urusan yang batin secara terperinci, Yang Maha Lembut kepada hamba-Nya yang beriman, Yang menyampaikan kepada mereka kemaslahatan dengan kelemah lembutan dan kebaikan dari jalan yang tidak mereka rasakan

Yang Maha Lembut .. Dzat Yang Maha memberi dengan kebaikan yang banyak dan agungnya hadiah dan pemberian

Yang Maha Lembut .. Lembut kepada hamba-Nya Allah Maha lembut terhadap hamba-hamba-Nya (QS. Syuraa:19)

Dia memberi kepada hamba-Nya apa saja yang baik bagi mereka untuk agama dan dunia mereka, dan menahan dari mereka segala keburukan atas agama dan dunia mereka

Yang Maha Lembut .. Dzat yang tidak dapat dilihat dengan pandangan mata, namun Dia dapat melihat Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan; dan Dialah yang Maha Halus lagi Maha mengetahui. (QS. Al-An`am:103)

Yang Maha Lembut .. Dzat Yang mengetahui hal-hal yang tersembunyi, dan menghitung sekecil apapun perbuatan, dan tidak yang ada yang tersembunyi bagi-Nya baik di malam atau siang hari, Dia mengetahui kabaikan hamba-Nya yang sifatnya kecil maupun besar dan Dia lembut kepada meraka

Yang Maha Lembut .. Dzat Yang Maha Lembut kepada hamba-Nya ketika menetapkan sebuah urusan, dan menolong mereka ketika sudah ditetapkan urusan tersebut, dan membukaan bagi mereka pintu kemudahan ketika urusan itu tertutup dan semakin dirasa sulit, dan memudahkan bagi mereka urusan-urusan yang dirasa sulit.

Dia Lah Allah Yang Maha Lembut

Allah Yang Maha Pembuka

Dia Lah Yang Maha Pembuka dan Dia-lah Maha pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui&". (QS. Saba`:26)

Yang Maha Memberi keputusan .. Dia membukaan bagi kita segala rahmat-Nya apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, Maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; (QS.Fathir:2)

Yang Maha Memberi Anugerah .. Allah menganugerahkan kepada kita keberkahan-Nya, dan segala yang kita miliki dari karunia dan pemberian-Nya, lalu Dia menambahkan dengan maaf dan hibah-Nya

Yang Maha Pembuka Dzata yang menetapkan bagi hamba-Nya hukum syari`at, taqdir, dan balasan, Yang membukaan dengan kelembutan-Nya pandangan orang-orang yang jujur, membukaan hati mereka untuk mengenal-Nya, cinta kepada-Nya dan kembali kepada-Nya, membukaan bagi hamba-Nya pintu rahmat dan rezqi yang bermacam-macam

Dia lah Yang Maha Membuka ketika hati tertutup dengan kunci-kunci hidayah dan iman

Yang Maha pembuka .. Dia membukakan pintu rahmat dan menyebarkannya, memberikan kepada mereka kenikmatan dan menambahkannya, membukakan bagi mereka cahaya ilmu dn hikmah bagi akal mereka dan menghiasinya, membukakan bagi hati keimanan dan memberikan petunjuk baginya

Yang Maha Pembuka .. Yang membuka tabir kesedihan dari hamba-Nya, memberikan jalan bagi setiap kesulitan, dan memudahkan segala musibah serta menghilangkan segala mara bahaya.

Yang Maha Pembuka .. Dzat Yang membukakan keadilan diantara hamba-Nya di akhirat dan Dia lah Yang Maha Kuasa lagi Mha Terpuji

Dia lah Yang Maha Pembuka

Allah Yang Maha Kaya

Dia alah Allah Yang Maha Kaya

Yang Maha Kaya .. Yang Kaya dengan Dzat-Nya, Dzat Yang memiliki kekayaan mutlak, dan tidak ada sedikitpun kekurangan dalam sifat dan kesempurnaan-Nya dari sisi mana pun, dan sesuatu tidak mungkin terjadi kecuali dari Dzat Yang Maha Kaya, karena kekayaan-Nya bagian dari Dzat-Nya, sebagaimana sesuatu itu tidak akan terjadi kecuali dari Dzat Yang Maha Pencipta, Maha Mampu, Maha Pemberi rezqi dan Maha Baik, Dia tidak butuh kepada siapa pun dari sisi manapun, Dia Maha Kaya yang ada ditangan-Nya segala perbendaharaan langit dan bumi, perbendaharaaan dunia dan akhirat, Yang Maha Kaya yang memberikan kepada seluruh makhluk-Nya kekayaan

Yang Maha Kaya .. Tidak butuh dari hamba-Nya, tidak menginginkan dari mereka makan maupun minum, Dia tidak menciptakan mereka untuk memperbanyak jumlah mereka yang sedikit, atau memberikan kepada mereka kekuatan yang sebelumnya lemah, atau menjadikan jinak dari sebelumnya buas, akan tetapi mereka butuh kepada-Nya dalam makan, minum dan segala kebutuhan mereka, Allah berfirman yang artinya: dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. aku tidak menghendaki rezki sedikitpun dari mereka dan aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan. (QS. Adz-Dzariyat:56-57)

Yang Maha Kaya .. Mencukupkan ummat manusia dari kemiskinan dan kebutuhan mereka, tidak berkurang dari-Nya pemberian-Nya, dan tidak membutuhkan bantuan hamba-Nya, sebagaimana dalam hadis qudsi: “Seandainya semua orang dari awal sampai akhir, manusia dan jin, mereka berdiri di satu tempat lalu mereka meminta kepada-Ku, maka akan aku beri setiap permintaan mereka, dan itu sedkitpun tidak mengurangi apa yang Aku miliki, kecuali ibarat jarum yang dicelupkan ke samudera. (HR. Muslim)

Yang Maha Kaya .. Mencukupkan bagi sebagian hamba-Nya dengan hidayah dan kebaikan hati mereka, dengan mengenal-Nya, memuliakan-Nya, mengagungkan-Nya, dan mencintai-Nya, Dia mengkayakan mereka dengan sesuatu yang sempurna dari pada kebaikan dunia mereka

Wahai Dzat yang tidak kurang pemberiann-Nya, cukupkan bagi kami hal-hal yang halal dari yang haram, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Kaya

Dia Lah Allah Yang Maha Kaya

Allah Maha Kuasa

Dia lah Allah Yang Maha Kuasa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. An-Nisa`:85)

Yang Maha Kuasa .. Dzat Yang memberikan bahan-bahan pokok kepada seluruh makhluk, dan menciptkan untuk kehidupan, memberikannya dijadikannya sebagai penghilang rasa haus dan mendatangkan kenyang serta menjadikan senang hidupnya

Yang Maha Kuasa Dzat yang memberikan setiap yang ada kebutuhannya, dan memberikan bagi setiap makhluk-Nya rezqi dan mengaturnya atas kehendak-Nya dengan penuh hikmah dan pujian.

Yang Mah Kuasa .. Dzat Yang memberikan kekuasaan pada hati dengan berbagai pengetahuan dan ilmu, ruh menjadi hidup, jiwa menjadi lapang

Wahai Allah Yang mengatur segala urusan hamba-Nya, dengan segala aturan kehidupan dan kematian mereka, kami memohon penjagaan-Mu, ampunan-Mu dan kesehatan dari-Mu Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. An-Nisa`:85)

Dia lah Allah Yang Maha Kuasa

Allah Yang Maha Memberi Kecukupan

Dia lah Allah Allah Yang Maha Memberi Kecukupan

Allah Yang Maha Pemberi Kecukupan kpada hamba-nya.. Yang Mencukupkan bagi mereka segala sesuatu Bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba-hamba-Nya. (QS. Az-Zumar:36)

Cukuplah bagi kami Allah dan Dia sebaik-baik Pelindung.. ungkapan yang dikatakan oleh Nabi Ibrahim ketika dilempar ke dalam api, api itu menjadi dingin dan memberi keselamatan, dan diucapkan pula oleh para shahabat dalam firman Allah yang artinya: &"Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, (QS. Ali Imran:173)

Yang Maha Menghisab amalan Yang Maha Mengetahui hamba-Nya, yang mencukupi bagi orang-orang yang bertawakkal, Yang memberi balasan kepada hamba-Nya berupa kebaikan maupun keburukan, sesuai dengan hikmah dan ilmu-Nya terhadap amalan-amalan mereka yang kecil-kecil maupun yang besar

Lalu mereka berkata: &"Cukuplah Allah menjadi penolong Kami dan Allah adalah Sebaik-baik Pelindung&". Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. (QS. Ali Imran:173-174)

Allah Yang akan menghitung amalan hamba-Nya, Dia akan memberikan balasan atas perbuatan mereka, jika amalan itu baik maka balasannya baik, jika amalan itu jelek maka balasannya jelek, sebagai balasan dari apa yang mereka perbuat dan Dialah Pembuat perhitungan yang paling cepat. (QS. Al-An`am:62)

Maha Pemberi Kecukupan Memberikan kecukupan kepada hamba-Nya dari seluruh kebutuhan, dan memberikan kecukupan secara khusus bagi mereka yang beriman dan bertawakkal kepada-Nya serta meminta kepada-Nya dari segala kebutuhan agama dan dunianya.

Yang Maha Pembuat Perhitungan .. Yang mencakup segala yang terperinci baik yang nampak maupun yang tersembunyi dari perbuatan hamba-Nya

Wahai Rabb Yang Maha Pemberi kecukupan, berilah kecukupan dari apa yang menjadi harapan kami, tunjukkan kepada kami jalan yang benar, dan tambahkanlah kepada kami kebaikan wahai Dzat Yang Mulia dan cukuplah Allah sebagai Pengawas (atas persaksian itu). (QS An-nisa`:6)

Dia lah Allah Yang Maha Pemberi Perhitungan dan Kecukupan

Allah Yang Maha Menjelaskan Segala Sesuatu

Dia lah Allah Yang Maha Menjelaskan Segala Sesuatu bahwa Allah-lah yang benar, lagi yang menjelaskan (segala sesutatu menurut hakikat yang sebenarnya). (QS An-Nur:25)

Wahai Dzat Yang Maha Penjelas, jelaskanlah kepada kami jalan kebenaran, dan selamatkan kami dari jalan kebathilan wahai Rabb

Allah lah Yang menjelaskan kebenaran dan segala kenyataan ketika terjadi keragu-raguan

Allah Yang Maha mejelaskan dalam keesaan-Nya, dan tidak ada sedikitpun sekutu bagi-Nya

Yanga Maha Menjelaskan segala sesuatu .. Tidak ada yang tersembunyi bagi hamba-Nya dari segala sarana baik secara akal, syariat, panca indra maupun non fisik akan kamurahan-Nya dan wujud-Nya serta kekuasaan-Nya

Yang Maha Jelas .. Dzat Yang menjelaskan bagi hamba-Nya kemuliaan hakiki dengan diutusnya seorang rasul bersamanya Kitab yang memberikan penjelasan: Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan (QS. Al-Maidah:15)

Allah Dzat yang menerangkan jalan kebahagiaan bagi hamba-Nya, dengan menjalankan ketaatan kepada-Nya dan mentauhidkan-Nya.

Dialah Allah Yang Maha Menjelaskan segala sesuatu

Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu

Dia lah Allah Yang Maha Kuasa atas Segala sesuatu

dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Al-Baqarah:284) di tempat yang disenangi di sisi Tuhan yang berkuasa. (QS. Al-Qamar:55) Katakanlah: &" Dialah yang berkuasa (QS. Al-An`am:65)

Yang Maha Kuasa Memiliki kekuasaan yang sempurna, dengan kekuasaannya menjadikan sesuatu itu ada, lalu menetapkannya, mengaturnya, menghidupkan, mematikan, mengutus hamba untuk diberi balasan, membalas orang yang berbuat baik dengan kebaikan, membalas orang yang berbuat buruk dengan keburukan, Dia ketika menginginkan sesuatu hanya berfirman jadilah maka jadilah, dengan kekuasaan-Nya pula membolak balikan hati, dan mengaturkan sesuai dengan kehendak dan kemauan-Nya

Yang Maha Kuasa .. Dzat Yang memiliki kekuatan, Yang Kuasa atas segala sesuatu sesuai dengan keinginan-Nya

Yang Maha Kuasa .. Memiliki kekuasaan penuh, menghidupkan, mematikan, menjadikan sesuatu itu ada, lalu mengaturnya

Yang Maha Kuasa .. Mengutus lalu memberikan pahala dengan kekuasaan-Nya, membolak balikkan hati sesuai kehendak-Nya

Yang Maha Kuasa .. Kekuasaan yang sempurna, tidak ada dari kesempurnaan ini sedikitpun kekurangan dari sisi manapun

Yang Maha Kuasa .. Dzat Yang mengatur makhluk-Nya sesuai kemauan-Nya, dan ini menunjukkan kekuasaan yang sempurna

Dia lah Allah Yang Maha Kuasa

Allah Yang Maha Mewarisi

Dia lah Allah Yang Maha Mewarisi dan Sesungguhnya benar-benar Kami-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Kami (pulalah) yang mewarisi. (QS. Al-Hijr:23)

Yang Maha Mewarisi .. Dzat Yang Mewarisi bumi dan siapa sja yang ada di dalamnya, dan tidak ada yang kekal kecuali hanya Dia

Yang Maha Mewarisi .. Yang kekal setelah ciptaan-Nya, karena kekuasaan-Nya yang sempurna, dan kepada kekuasaan-Nya ketundukan seluruh penguasa.

Mengingatkan kepada mereka yang berbuat dholim, semena-mena dan sombong bahwa semua itu akan kembali kepada Allah, karena Dia Yang Maha Mewarisi

Yang Maha Mewarisi .. Menganjurkan kepada hamba-Nya untuk berinfak di jalan-Nya, harta itu titipan sedang umurkan akan berlalu, dan semuanya akan kembali kepada Allah Dzat Yang Mewarisi

Yang Maha Mewarisi .. Memperingatkan hamba-Nya jangan sampai lupa bersyukur kepada-Nya, sumber kenikmatan dari-Nya dan akan kembali kepada-Nya

Yang Maha Mewarisi .. Mewarisi bumi dan apa saja yang ada di dalamnya, apapun yang tertinggal setelah semuanya pergi itu akan diwarisi-Nya dan Kami adalah Pewaris(nya). (QS. Al-Qashash:58)

Dia lah Allah Yang Maha Mewarisi

Allah Yang Maha Mendenger lagi Maha Melihat

Dia lah Allah Yang Maha Mendenger lagi Maha Melihat

Wahai Dzat Yang Mendengar, dengarkanlah do`a-doa kami dan kabulkanlah, dan Engkau Maha melihat perbuatan, kekurangan dan kebutuhan kami semuanya hanya kepada-Mu

Allah Yang Maha Mendengar .. Dia Maha Mendengar segala bunyi baik yang lirih maupun yang keras, tidak ada yang menyibukan-Nya dari satu suara ke suara yang lain, dan dari satu permintaan ke permintaan yang lain

Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat Dia Mendengar ucapanmu, instruspeksi dirimu, Dia mendengar doamu kembalilah kepada Rabbmu, Dia melihat amalanmu dan tidak ada sedikitpun yang tersembunyi dari-Nya, berbuatlah baik karena Allah menyenangi orang-orang yang berbuat baik

Allah Maha Melihat .. Dia Maha Melihat segala sesuatu, baik yang kecil, yang besar, yang tersembunyi di waktu malam dan siang

Yang Mah Mendengar .. Dia Maha Mendengar semua ucapan, baik itu bahasa maupun kebutuhan yang berbeda-beda

Yang Mah Melihat .. Maha Melihat seekor semut hitam di malam yang gelap dia tas batu hitam, Dia Melihat apa yang ada di bawah tujuh bumi dan apa yang ada di atas tujuh langit

Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat .. Tidak ada yang tersembunyi dari-Nya, begitu tidak ada sesuatupun yang luput dari-Nya

Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat

Allah Yang Maha Mensyukuri

Dia lah Allah Yang Maha Mensyukuri

Allah Yang Maha Mensyukuri Maka Sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha mengetahui. (QS. Al-Baqarah:158) Sesungguhnya Tuhan Kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri. (QS. Fathir:34)

Dia lahAllah Yang Memberikan syukur dari amal yang sedikit, dan mengampuni kesalahan yang banyak, serta melipat gandakan balasan orang-orang yang ikhlas tanpa batas

Allah Yang Maha Mensyukuri .. Memberi siapa yang bersyukur kepada-Nya, dan mengabulkan siapa yang meminta-Nya, dan mengingat siapa yang mengingat-Nya, Maka bagi orang yang bersyukur akan ditambah, dan bagi yang kufur akan dikurangi &"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih&". (QS. Ibrahim:7)

Allah Yang Maha Mensyukuri

Allah Yang Maha Terpuji

Dia lah Allah Yang Maha Terpuji

Yang Terpuji dalam Dzat-Nya, dalam perbuatan-Nya, dalam perangai-Nya, dalam fiman-Nya. Tidak ada pujian di alam semesta ini kecuali hanya milik Allah ta`ala, pujian yang sempurna hanya milik-Nya

Allah Yang Maha Terpuji .. Yang Terpuji dalam Dzat-Nya, nama-Nya, sifat-Nya, perbuatan-Nya, bagi-Nya segala nama-nama yang baik, sifat-sifatnya yang sempurna, perbuatan-Nya yang baik, karena perbuatan-Nya berkisar pada kemuliaan dan keadilan.

Bagi-Mu pujian, Engkau turunkan kitab-Mu, dan kami mengetahui keagungan-Mu, dan Engkau utus untuk kami rasul-Mu Muhammad shalallahu`alaihi wa sallam

Allah Yang Maha Terpuji

Allah Yang Maha Terpuji Yang Maha Besar, Maha Agung

Allah Yang Maha Terpuji Yang MahaBesar, Maha Agung

Dia lah Allah Yang Memiliki sifat Maha Mulia, Maha Tinggi dan Maha Agung, Dia Paling Besar dari segala sesuatu, Paling Agung dari segala sesuatu, Paling Mulia dan Tinggi,serta bagi-Nya ketundukan di hati para wali dan pengikut-Nya, hati mereka penuh dengan pemuliaan, pengagungan, kerendahan dan ketundukan kepada-Nya

Maha Suci Engkau Wahai Yang Maha Agung .. Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang Maha besar. (QS. Al-Waqi`ah:96)

Kami tidak bisa menghitung pujian dan kemuliaan-Mu, Wahai Dzat Yang Maha bEsar lagi Maha Tingg, Wahai Dzat Yang Mulia lagi Pemurah

Yang Maha Agung dalam Dzat-Nya yang tinggi, Maha Agung dalam nama- dan sifat-Nya tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, (QS. Asy-Syura:11)

Dia lah Yang memiliki kemuliaan dan keagungan, barangsiapa yang mendebat-Nya dalam hal tersebut, maka Dia akan membalasnya, sebagaimana dalam hadis qudsi: “Kesombongan adalah selendangku, keagungan adalah sarungku, barangsiapa yang mendebatku salah satu dari keduanya, akan Aku masukkan dia ke dalam neraka” (HR. Ahmad)

Dia lah Allah Yang Mulia, Maha Besar, lagi Maha Agung

Allah Yang Maha Tinggi

Dia lah Allah Yang Maha Tinggi

Allah Yang Maha Tinggi .. Bagi-Nya ketinggian yang mutlak dari sisi manapun, Tinggi Dzat-Nya, Tinggi kekuasaan dan sifat-Nya, Tinggi Penguasaan-Nya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar. (QS. Al-Baqarah:255)

Di atas Arsy Dia bersemayam, dengan seluruh sifat keagungan, kesombongan, kemuliaan, keindahan, dengan penuh kesempurnaan, dan segala urusan akan berujung kepada-Nya

Allah Yang Maha Tinggi .. Maha Tinggi dari semua sifat yang tidak cocok untuk-Nya, dari segala kekurangan, Maha Tinggi dengan Dzat-Nya, sifat-Nya, dan kekuasaan-Nya, Dia lah Allah Yang Maha Tinggi

Allah Yang Maha Tinggi

Allah Dzat Yang Maha Menahan dan Memberi

Allah Dzat Yang Maha Menahan dan Memberi

Allah Dzat Yang Maha Menahan .. Dia menahan rezqi sebuah kaum lalu menguji mereka, menahan dari kaum lain untuk menguasi mereka, dan menjaga dari kaum lainnya lagi untuk diangkat derajat mereka

Allah Dzat Yang Maha Memberi .. Yang memberi rezqi, dan mengaruniakan pengetahuan dalam hati, semua itu mengandung hikmah-Nya, rahmat-Nya, murah-Nya Dzat Yang Maha Suci

Allah Dzat Yang Maha Menahan dan Memberi

Allah Yang Maha Memberi dan Melarang

Allah Yang Maha Memberi dan Melarang

Segala puji bagi Allah Dzat Yang mensifati diri-Nya, diatas sifat yang dimiliki oleh hamba-Nya

Imam Syafi`i

Allah Yang Maha Memberi dan Melarang .. Tidk ada yang bisa melarang dari apa yang Dia beri, dan tidak ada yang bisa memberi dari apa yang Dia larang, semua kemaslahatan dan manfaat meminta kepada-Nya, mengarap kepada-nya. Dia akan memberi kepada yang Dia kehendaki, dan akan melarangnya dari siapa saja yang Dia kehendaki dengan hikmah dan rahmat-Nya

Ya Allah Dzat Yang Maha memberi, berikan kepada kami rahmat-Mu, berikan kami apa yang Engkau beri, dan tahanlah dari kami keburukan wahai Dzat Yang Maha Menahan, dan jauhkan kami dari kejelekan wahai Dzat Yanga Maha menehan keburukan

Allah Yang Maha Memberi dan Melarang

   
Subscibe