Urgensi keimanan
     face
  •   
  •  
Allah Dzat Yang Maha Menahan dan Memberi

Icreasefontsize decreasefontsize

Urgensi keimanan

Amalan terbaik dan terbersih di sisi Allah adalah keimanan, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dzar -radhiyallahu anhu- ketika beliau bertanya kepada Rasulullah ﷺ : "Wahai Rasulullah, amalan apakah yang terbaik? Beliau menjawab: Iman kepada Allah dan jihad di jalan-Nya"(H.R. Muslim).

Dia adalah sebab mendapatkan petunjuk dan Kebahagiaan dunia akhirat, sebagaimana firman-Nya: Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam (Q.S. al An"am:125)

Keimanan akan memalingkan seorang beriman dari kemaksiatan, sebagaimana firman-Nya: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya (Q.S. al A"raf:201)

Iman adalah syarat diterimanya sebuah amalan, Allah Ta"ala berfirman: Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi (Q.S. az Zumar:65)

Maka dengan Iman yang murni Allah akan memberkahi amalan dan mengabulkan doa. Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. (Q.S. az Zumar:65)

Maka dengan Iman yang murni Allah akan memberkahi amalan dan mengabulkan doa.

   
Subscibe